5G Rilis di RI, Pengguna Smartphone Siap-siap Lakukan ini

jaringan 5G

topmetro.news – Sejumlah vendor sudah merilis ponsel yang mendukung jaringan 5G di Tanah Air.

Saat 5G sudah hadir, Product Marketing Manager Samsung Mobile PT Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqan mengatakan, pengguna ponsel tinggal melakukan update software saja.

“Tinggal melakukan update software karena harus meng-unlock operator yang sudah mendukung. Misalnya nanti Telkomsel sudah dukung, harus registrasi ke software kita supaya sinyal 5G bisa tertangkap,” kata Taufiq, dalam sebuah pembahasan virtual di Jakarta, Jumat (12/3/2021).

Taufiq juga mengatakan pilihan perangkat 5G akan lebih beragam di masa depan dan meminta untuk menunggu. “Ke depannya sendiri device 5G akan beragam,” ungkapnya.

Manfaat 5G

Soal fitur pada ponsel yang bisa bermanfaat nanti saat implementasi 5G sudah ada, Taufiq mengatakan salah satunya kualitas resolusi pada streaming akan lebih tinggi lagi.

Para gamer juga semakin bertambah manja dengan kehadiran jaringan 5G. Menurut Taufiq, gaming semakin menyenangkan termasuk kehadiran cloud gaming.

“Enggak cuman game yang ada di smartphone aja. Tapi juga dengan adanya penyedia cloud gaming itu bisa melakukan jauh lebih smooth karena latensi rendah,” katanya.

Latensi rendah juga membuat video pada virtual meeting lebih jernih. Selain itu umpan balik saat melakukan pertemuan jauh lebih real time dengan lagging yang minimal.

BACA | Realme GT 5G Resmi Meluncur, Ponsel Snapdragon 888 Termurah

Taufiq juga menambahkan mengunduh juga jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi 4G sebelumnya.

“Selain itu juga melakukan download aplikasi atau lagu atau apa pun itu jauh lebih cepat dibandingkan teknoteknologi 4G,” ujar Taufiq.

sumber | CNBC Indonesia

Related posts

Leave a Comment